header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

IN MEMORIAM K. Ng. H. AGUS SUNYOTO SEJARAWAN YANG UNIK, BERANI DAN “NGEMONG”

Oleh: Wasid Mansyur * Kabar duka menyelimuti kita semua, khususnya kalangan Nahdliyin dan pemerhati Sejarah Indonesia, di tengah pelaksana...


Oleh: Wasid Mansyur*

Kabar duka menyelimuti kita semua, khususnya kalangan Nahdliyin dan pemerhati Sejarah Indonesia, di tengah pelaksanaan puasa bulan suci Ramadhan 1442 H. Pasalnya, secara berantai melalui pesan whatsapp dikabarkan bahwa K. Ng. H. Agus Sunyoto meninggal dunia, selanjutnya penulis menyebut Kiai Agus Sunyoto. Tercatat beliau masih menjabat sebagai Pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang, Jawa Timur, dan Ketua Umum Lesbumi PBNU.

Memang, kematian adalah misteri yang sangat rumit. Tidak ada yang tahu detail keberadaannya, kecuali Gusti Allah SWT. Tapi terkadang, ketika banyak orang baik meninggal, kita terasa betul kehilangannya mengingat kontribusi baik yang dilakukan masih dibutuhkan oleh kalangan masyarakat di tengah kerumitan cara pandang manusia kekinian yang terus cenderung terjebak hidup materialistik. Tidak terkecuali meninggalnya Kiai Agus Sunyoto, guru, aktivis, dan penulis yang sangat banyak memberikan pencerahan bagi umat.

Bagi penulis, melalui interaksi secara fisik dalam beberapa forum, sekaligus interaksi dengan pokok-pokok pikiran beliau yang termaktub dalam beragam karyanya, dapat disimpulkan bahwa Kiai Agus Sunyoto adalah salah satu sejarawan yang unik, berani dan “ngemong”. Bicaranya tidak begitu banyak, tapi konstruksi pikirannya selalu hadir dengan semangat pencerahan, walau dengan caranya yang berbeda dengan kebanyakan penulis.

________

Pertama, sejarawan unik dan berani. Unik karena gayanya yang serius dalam mencari data. Tidak jarang data yang dikuasai Kiai Agus Sunyoto, tidak ditemukan dalam literatur tulisan lain sebab paradigmanya yang unik dalam mengkonstruksi data dan fakta sejarah, sekaligus memiliki cara yang khas dan berani menyimpulkan, walau harus berlawanan dengan pandangan lain yang lama berkembang. Kita harus banyak belajar dari keunikan Kiai Agus Sunyoto, dan gayanya santai, tapi tetap serius dalam soal data-data sejarah.

Sebagai sejarawan pemberani, Kiai Agus Sunyoto selalu berbicara berdasar fakta pada data-data lama. Karenanya, ketika ada pihak yang mengatakan bahwa sejarah Wali Songo adalah mitos. Kiai Agus Sunyoto langsung pasang badan, dan melakukan penelitian berbulan-bulan kaitan dengan ini. Jangan kemudian, bila sebagian cerita Wali Songo tidak lepas dari cerita mitos karena ada tambahan sebab terlalu lama jaraknya dengan kondisi kekinian, lantas kemudian menyimpulkan dengan sembrono bahwa sejarah Wali Songo itu tidak ada dalam rangka mengaburkan sejarahnya dalam kolektif pengetahuan Muslim Indonesia, khususnya santri dan pesantren.

Kaitan dengan ini baca warisan intelektual Kiai Agus Sunyoto dalam bukunya “Atlas Wali Songo”, yang dalam pengantarnya dengan tegas mengatakan bahwa buku ini sebagai counter narasi sejarah atas buku Eksiklopedia Islam terbitan Ikhtiar Baru Van Hoeve; salah satu buku –menurut Kiai Agus Sunyoto dianggap—yang secara sistematis telah berusaha menyingkirkan tokoh-tokoh penyebar Islam abad ke-15 dan abad ke-16 yang berjasa dalam proses pengislaman Nusantara, lih. viii.  

Bukan itu saja, soal keterlibatan santri yang tidak ditulis oleh para penulis sejarah dan para peneliti asing ---baik sengaja atau tidak—dalam konteks heroik perang di Surabaya juga menjadi perhatian serius Kiai Agus Sunyoto. Bukunya “Fatwa dan Resolusi Jihad” terbitan LTN Pustaka, Kiai Agus Sunyoto sangat tegas mengatakan bahwa Fatwa dan Resolusi Jihad menjadi salah satu pemantik serius sehingga santri dan masyakat lain semakin berani dan tidak takut mati untuk melawan penjajah, khususnya di Surabaya dan sekitarnya. Karenanya, sungguh naif, jika kemudian fakta sejarah Fatwa dan Resolusi Jihad sengaja dihilangkan sebagai bukti keterlibatan santri dalam sejarah perang di Surabaya.

Di samping itu, kedua, Kiai Agus Sunyoto adalah sejarawan yang “ngemong” dalam arti menjaga dan membimbing. Kiai Agus Sunyoto selalu siap diundang siapapun, tidak pernah pilih-pilih asal tidak berhalangan. Kesederhanaannya, walau sebagai tokoh nasional, layak ditiru oleh kita semua sehingga memudahkan banyak pihak. Bahkan, tidak jarang Kiai Agus Sunyoto dijemput di terminal Bungurasih Surabaya dengan menggunakan sepeda motor, tanpa ada gengsi sedikitpun. Sederhana dan santai, walau sangat seirus menjadi satu dalam keperibadian Kiai Agus Sunyoto.

Akhirnya, selamat jalan Kiai Agus Sunyoto. Semoga perjalanan “panjenengan” dimudahkan. Penulis yakin, dan semua pasti yakin, bahwa pencerahan ilmu yang selalu disampaikan dalam berbagai forum, serta pembelaannya pada komunitas santri dan pesantren dalam konteks penulisan sejarah menjadi amal jariyah yang tidak terhingga. Sekali lagi selamat jalan “Sang Guru Sejarah”.

__________________

*Wakil Ketua PW LTN NU Jatim, Alumni Alkhozini Sidoarjo

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Arsip,20,artikel,197,Buku,5,Fiksi,4,kajian perempuan,4,kitab,16,lombakisah,14,manuskrip,10,peristiwa,121,prestasi,11,rehat,39,resensi,13,testimoni,44,tokoh,105,
ltr
item
Halaqoh: IN MEMORIAM K. Ng. H. AGUS SUNYOTO SEJARAWAN YANG UNIK, BERANI DAN “NGEMONG”
IN MEMORIAM K. Ng. H. AGUS SUNYOTO SEJARAWAN YANG UNIK, BERANI DAN “NGEMONG”
https://1.bp.blogspot.com/-6phaHIfJrw0/YIeWiBFXT1I/AAAAAAAASWI/bK5bxxVbe70OCjwvGSStF1khR28FezFKQCLcBGAsYHQ/w400-h400/IMG-20210427-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6phaHIfJrw0/YIeWiBFXT1I/AAAAAAAASWI/bK5bxxVbe70OCjwvGSStF1khR28FezFKQCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h400/IMG-20210427-WA0002.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2021/04/in-memoriam-k-ng-h-agus-sunyoto.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2021/04/in-memoriam-k-ng-h-agus-sunyoto.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy