header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

KH. Muhammad Basori Alwi In Memoriam

Oleh: Gus Nukman Basori Tak terasa seakan baru kemarin ayahanda KH. Muhammad Basori meninggalkan kita semua selamanya untuk menghadap p...


Oleh: Gus Nukman Basori

Tak terasa seakan baru kemarin ayahanda KH. Muhammad Basori meninggalkan kita semua selamanya untuk menghadap pada Sang ilahi Robby. Kini tinggal kenangan-kenangan yang selalu diceritakan banyak kalangan baik di dunia maya maupun cerita-cerita di kalangan santri-santri dan para alumni maupun masyarakat luas sehingga apa yang selama ini tidak kita ketahui akhirnya dari cerita-cerita tersebut kita pada mengerti dan faham tentang perjalanan hidup KH Muhammad Basori.

Untuk mengenal lebih dekat sosok KH Muhammad Basori Yang lebih terkenal di sapa KH Basori Alwi atau KH Basori Alwi Murtadlo akan kami terangkan siapa sebenarnya Beliau tersebut.

Nasab dan Kelahirannya

Pada tanggal 15 April 1927 di Singosari dari Pasangan KH Alwi bin Murtadlo dengan Bu Nyai Ning Riwati lahirlah sosok Bayi tampan yang di beri Nama Muhammad Basori dengan ejaan nama Basori tanpa H (Bashori) seperti yang kebanyakan ditulis oleh banyak kalangan selama ini.

Muhammad Basori mempunyai ayah yang bernama KH. Alwi seorang Ahlul Qur’an di Singosari KH. Alwi juga merupakan seorang Nahdliyyin yang aktif, sehingga pada masa hidupnya pernah ditugaskan sebagai Anggota Konstituante (sekarang DPR RI) mewakili NU ( Nahdlatul Ulama) pada tahun 1955.

Dari nama ayahnya KH Alwi ini maka banyak orang yang menyebutnya menjadi KH. Basori Alwi. KH. Alwi mempunyai ayah yaitu KH Murtadlo, beliau juga ulama Ahlul Qur’an yang ada di singosari, siapa sebenarnya KH Murtadlo ini? KH Murtadlo adalah putra dari KH. Abdurrohim Singosari Bin Sayyid Alwi Bangkalan (Agus Matal) lebih jelas urutannya adalah sebagai berikut:

1. Assayyid Asyarif KH Muhammad Basori 2. Bin Assayyid Asyarif KH Alwi 3. Bin Assayyid Asyarif KH Murtadlo 4. Bin Assayyid Asyarif KH Abdurrohim 5. Bin Assayyid Asyarif Alwi (Agus Matal) Bangkalan Madura 6. Bin Assayyid Asyarif Yusuf (Bujuk Qoder) Lomaer Madura 7. Bin Assayyid Asyarif Hasan (Bujuk Raddin) Batu Nahung Bangkalan Madura 8. Bin Assyarif Assayyid Husain (bujuk Rokem) Omben Madura 9. Bin Assayyid Asyarif Ibrohim (Sunan Dalem) Gresik 10. Bin Assayyid Asyarif Maulana Muhammad Ainul Yaqin (Sunan Giri) Gresik 11. Bin Assayyid Asyarif Maulana Ishaq Pulau Besar Malaka Malaysia 12. Bin Assayyid Asyarif Ibrohim Assamarkand (Asmoroqondi) Tuban 13. Bin Assayyid Asyarif Jamaluddin Husain Ujung Pandang Sulawesi Selatan 14. Bin Assayyid Asyarif Al Amir Ahmad Syah Jalal Gubernur Delhi Nasharabad India 15. Bin Assayyid Asyarif Al Amir Abdulloh Khon Nasarabad India 16. Bin Assayyid Asyarif Al Amir Abdul Malik Nasarabad India beliau ini lah cikal bakal Fam/marga Azmatkhon) 17. Bin Assayyid Asyarif Ali ammul faqih Hadramaut Yaman 18. Bin Assayyid Asyarif Muhammad Shohib Mirbath Hadramaut Yaman 19. Bin Asayyid Asyarif Ali Kholik Qosam Hadramaut Yaman 20. Bin Asayyid Alwi Hadramaut Yaman 21. Bin Asayyid Muhammad Hadramaut Yaman 22. Bin Asayyid Alwi Hadramaut Yaman (Cikal Bakal Bani Alawiyyin) 23. Bin Asayyid Ubaidillah Hadramaut Yaman 24. Bin Asayyid Ahmad Al Muhajjir Ilalloh Hadramaut Yaman 25. Bin Asayyid Isa Arrumi Basrah Iraq 26. Bin Asayyid Muhammad Annaqib Basrah Iraq 27. Bin Asayyid Ali Al Uraidy Madinah Al Munawwaroh 28. Bin Asayyid Ja’far Shodiq Madinah Al Munawwaroh 29. Bin Asayyid Muhammad Al Baqir Madinah Al Munawwaroh 30. Bin Asayyid Ali Zainal Abidin Madinah Almunawwaroh 31. Bin Al Imam Khusain Assibthu Karbala Iraq 32. Bin Assayyidah Fatimah Azzahro Al Bitul (Madinah Almuanwwaroh) + Sayyidana Ali Karromallohu Wajha Basrah Iraq 33. Binti Sayyidina Muhammad SAW Madinah Al Munawwaroh (Sumber dari kitab Almausuah Li Ansabil Imam Alhusain halaman 215-216).

Jadi KH. Muhammad Basori adalah salah seorang Habaib dari marga Azmatkhon Bani Alawiyyin dari jalur Sayyidina Husain (Al-Husaini). Hanya memang selama ini beliau mengajari putra-putrinya untuk tidak menampakkan jati diri kehabibannya / kesayyidannya, karena beliau mencontoh para kakek-kakeknya, para wali songo yang lebih suka memakai nama jawa agar bisa dekat dengan masyarakat sehingga memudahkan untuk berkomunikasi sekaligus untuk berinteraksi secara langsung tanpa batas dalam segala hal dan semakin memudahkan beliau untuk mengembangkan syiar islam sesuai aqidah Ahlussunah Wal Jamaah Annahdhiyyah.

KH Basori Alwi adalah putra Asli Singosari yang juga mempunyai silsilah dari kerajaan Singosari dimana bila dilihat dari jalur ibundanya Sunan Giri adalah Dewi Sekardadu Putri dari Prabu minak Sembuyu Raja Blambangan yang tiada lain adalah cucu dari pada Prabu Brawijaya / Raden Alit, dimana prabu brawijaya adalah keturunan dari Hayam wuruk, Hayam sendiri adalah putra dari Pasangan Tribuwana Tunggadewi Dan Kertawardana alias Cakradara Tribuwana Tunggadewi adalah putri dari Raden Wijaya (Kertarajasa Jaya Wardhana) yang bersambung langsung dengan Prabu Kartanegara Raja terahir Kerajaan Singosari melalui ke 4 putrinya (Trihuwananeswari, Narendraduhita, Jayendradewi, Gayatri) yang dinikahi semuanya oleh Raden Wijaya. Prabu Kartanegara adalah Putra dari Wisnuwardhana dengan permaisuri Waning Hyun yang Bergelar Jayawardhani, beliau Waning Hyun adalah Putri dari Mahisa Wunga teleng (putra sulung ken Arok dan Kendedes) yaitu Pendiri Kerajaan Singosari.

Melihat faktor genealogi dan darah yang mengalir pada diri KH Basori Alwi begitu sapaan akrabnya baik yang bernasab sampai ke Rosululloh maupun yang bersilsilah pada para raja-raja di tanah jawa ini maka maka tak heran bahwa jiwa kepemimpinannya sangat kuat dan sangat kokoh dalam mengembangkan syiar Islam melalui Alqur’an hingga tak pernah lelah memperjuangkan ilmu Alqur’an hingga ahir hayatnya.

Kiprah dan Perjuangannya

Dengan mendirikan Pesantren PIQ (Pesantren Ilmu Al-qur’an) atau Ma’had addirosatil Qur’an serta perjuangan dalam pengajaran alqur’an, baik dengan metode murottal maupun tilawah ke berbagai penjuru nusantara ini tak pernah sedikitpun menyurutkan KH. Basori dalam menjalankan tujuan dan cita-citanya.

Bahkan sebagai warga Nahdliyyin, beliau juga merupakan Pendiri Jamiatul Qurro’ wal khuffadz yang saat ini menjadi salah satu Banom Nahdlatul Ulama. Bukan itu saja kegigihan beliau dalam berkarya KH Basori Alwi juga salah satu tokoh pendiri IPNU & IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Jawatimur) hal ini sesuai dengan berita media cetak yang terbit pada tahun 1955 dengan Judul Lintas Generasi IPNU IPPNU Jawatimur IPNU dan IPPNU juga merupakan Banom.

Yang terahir yang pernah saya dengar sendiri dari Beliau KH Basori Alwi juga ikut andil dalam Pendirian Banom NU yang lain yaitu PERGUNU (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) bahkan pada 14 Pebruari 1959 KH Basori Alwi di tetapkan sebagai Ketua Umum Pergunu, pada Konggres pertama Pergunu 17-20 Oktober 1959 yang di ikuti 27 cabang KH Basori Alwi Kembali terpilih Sebagai Ketua Umum PERGUNU hingga periode tahun 1966. Juga masih banyak karya-karya beliau yang lain yang tidak banyak diketahui oleh Masyarakat dan Warga Nahdliyyin.

Oleh karenanya kami semua sangat kehilangan Sosok orang tua yang sangat gigih dan ulet serta sabar dalam menuntun serta meniti kehidupan dalam memberikan tauladan kepada putra-putri, keluarga, anak-anak didik, santri-santri dan masyarakat selama ini. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَىْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ 

Barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim).

Semoga apa yang beliau perjuangkan selama ini akan menjadi ladang pahala yang tiada hentinya seperti sabda Rosululloh yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di atas. Kami semua akan selalu mengenang segala Perjuangan dan Baktimu kepada Negeri ini terutama saat adanya MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) baik tingkat Nasional maupun Internasional karena engkau “Assayyid Assyarif Al Allamah murobby ruhina KH Muhammad Basori Alwi Azmatkhon” adalah orang tua dan panutan kami semua.

Semoga kami dapat meneruskan Perjuangan dan Baktimu dalam mngamalkan Al-quran dalam setiap langkah dan Nafas kami sampai ahir hayat kami.

Selamat jalan dengan bahagia wahai ayahanda. Sampaikan salam kami semua kepada Rasulullah. Tunggu putra-putrimu, santri-santrimu, jamaahmu, muhibbin yang selalu mengikutimu hingga kelak menyusulmu berkumpul bersama Rasulullah.

Khususon KH. Basori Alwi, alfatihah.(@mie)


COMMENTS

Name

Arsip,19,artikel,189,Buku,5,Fiksi,4,kajian perempuan,4,kitab,15,lombakisah,12,manuskrip,9,peristiwa,118,prestasi,11,rehat,37,resensi,13,testimoni,39,tokoh,94,
ltr
item
Halaqoh: KH. Muhammad Basori Alwi In Memoriam
KH. Muhammad Basori Alwi In Memoriam
https://1.bp.blogspot.com/-fHor1qTRtJQ/XoP9zOXH3yI/AAAAAAAARAc/9GPPp6_1A-MoQUAV46mVi_HSoWzzsh5xgCLcBGAsYHQ/s640/images.jpeg-7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fHor1qTRtJQ/XoP9zOXH3yI/AAAAAAAARAc/9GPPp6_1A-MoQUAV46mVi_HSoWzzsh5xgCLcBGAsYHQ/s72-c/images.jpeg-7.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2020/03/kh-muhammad-basori-alwi-in-memoriam.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2020/03/kh-muhammad-basori-alwi-in-memoriam.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy