header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

Brunei Darussalam: Negeri Imam Syafi’i di Tanah Melayu (Bag.2)

suasana makan bersama seusai pembacaan yasin-tahlil oleh mahasiswa dari berbagai negara di Brunei Oleh: W Eka Wahyudi LTN NU Jatim...

suasana makan bersama seusai pembacaan yasin-tahlil oleh mahasiswa dari berbagai negara di Brunei

Oleh:
W Eka Wahyudi
LTN NU Jatim

Pengalaman selama melakukan muhibbah akademik 14 hari di tanah Islam Melayu Beraja, memberikan kesan yang kuat bahwa ajaran Nahdlatul Ulama berkembang di Indonesia yang dikenal dengan budaya tahlil dan yasinan juga sangat semarak di negeri Sultan Hasanal Bolkiah.

Sebagaimana yang saya alami, setelah membaca secara jamaah yasin dan tahlil, kita akan disiapkan prasmanan untuk makan sepuasnya lengkap dengan pencuci mulut dan bonus uang 5-10 dolar Brunei. ceritanya. Sebagaimana pengalaman yang saya alami sendiri, pada hari pertama, selain mendapatkan makan dan pencuci mulut yang aduhai, tuan rumah memberikan uang 5 dolar (Rp. 50.000) pada semua jamaah Yasin-Tahlil, hari kedua pada tempat yang berbeda mendapatkan 10 dolar (RP. 100.000), tentu lengkap dengan hidangannya yang istimewa.

Bahkan rata-rata mahasiswa di sini, dari berbagai negara mulai dari Afrika, Palestina, Thailand, Filipina, Nepal, banyak memanfaatkan tradisi ini untuk menyambung hidup mereka. Saking familiarnya yasin dan tahlil, di Kolej Kediaman (asrama mahasiswa) UNISSA yang menjadi tempat saya tinggal selama dua minggu di Brunei, di area lobbi banyak bertebaran buku saku yang diberi judul: "Yasin, Tahlil dan Doa-Doa Pilihan". Sama persis yang terdapat pada masyarakat nahdliyin Indonesia.

Selain itu, di masjid-masjid Brunei juga bertebaran di rak-rak buku saku kecil yasin dan tahlil, bahkan dilengkapi dengan nama jenazah yang dituliskan dengan harapan siapapun yang membaca buku itu mengirimkan hadiahnya kepada nama yang tertera. Misalkan, sebagaimana ketika saya melakukan perjalanan pulang dari KBRI ke asrama, lalu mampir di salah satu masjid terdapat buku yasin-tahlil yang di sampulnya tertulis:

Khusus diwakafkan dan dihadiahkan pahalanya kepada Allah Yarham Hajah Pasah Binti Aliamat.
Khusus diwakafkan dan dihadiahkan pahalanya kepada Allahyarhamah Hajah Saribangun alias Hajah Halus Binti Awang Gamok.

Hadiah al-fatihah dan kutipan ayat-ayat al-Quran dan sholawat untuk keluarga yang telah meninggal, tentu menjadi bagian tak terpisahkan dalam masyarakat Nahdlatul Ulama di Indonesia. Dan tradisi ini sangat mendarah daging juga pada masyarakat Brunei.

Tak hanya itu, jika singgah untuk sekedar sholat berjamaah di masjid-masjid Brunei, kita akan mendapati komposisi bacaan wirid setelah sholat, sama persis seperti apa yang ditradisikan oleh jamaah NU. Di awali dengan istighfar, membaca dzikir dan berdoa secara bersama dengan satu imam.

Semarak tradisi syafi’iyah juga nampak dari jalinan yang harmonis antara ajaran islam dengan kebudayaan Brunei. Semisal karnaval dalam rangka perayaan  maulid Nabi Muhammad, majlis khotmil quran, tadarus al-Quran selama bulan ramadhan, majlis dzikir, peringatan nuzulul Quran, sholat hajat dan doa bersama menjelang ujian semester juga lazim didawamkan di tanah melayu ini. Sama persis dengan tradisi keislaman yang ada di Indonesia.

Begitupun saat pelaksanaan sholat jum’at, prosedurnya pun sesuai SOP sebagaimana masjid-masjid NU. Ada khotib yang dilengkapi tongkat serta bilal dengan dua kali adzan-nya. Urut-urutan prosedural pelaksanaan sholat jumat ini, sudah disetel oleh Jabatan Masjid yang menginduk pada pemikiran syafi’iyah.

Namun yang membedakan, materi khutbah di negara ini diseragamkan. Hal ini dituturkan oleh Jalaludin selaku warga negara asli yang juga pernah bekerja di Kementerian Ugama. ia menginformasikan kepada saya, bahwa materi khutbah berasal dari Unit Khutbah dibawah naungan Jabatan Masjid. Adapun jabatan masjid ini adalah salah satu departemen yang berada dibawah naungan Kementerian Ugama Islam Brunei.

Sehingga khotib tinggal membacakan apa yang sudah diperoleh dari unit masjid. Selain itu, keunikan juga nampak pada fungsi khutbah di Brunei. Yaitu sebagai asupan informasi masyarakat terhadap perkembangan Brunei. Misalnya, ketika kerajaan membangun jalan tol, isu-isu viral yang berkembang di media sosial, tunjangan negara yang baru saja dicairkan, juga menjadi “menu wajib” yang harus tersampaikan di tengah-tengah materi khutbah.

Apa pasal? Agar masyarakat terhindar dari beragam anggapan-anggapan negatif terhadap pemerintah, sekaligus meminimalisir adanya keriuhan sosial-politik di negara paling mini di dunia ini. Dan uniknya lagi, di sini setiap masjid ketika sholat jumat baik saat khutbah maupun setelah sholat, sang imam menyelipkan doa untuk kesehatan dan umur panjang pagi Sang Sultan lengkap beserta keluarga dan kerabatnya.


COMMENTS

Name

Arsip,17,artikel,170,Buku,4,Fiksi,4,kajian perempuan,1,kitab,11,lombakisah,11,manuskrip,8,peristiwa,117,prestasi,11,rehat,29,resensi,13,testimoni,36,tokoh,83,
ltr
item
Halaqoh: Brunei Darussalam: Negeri Imam Syafi’i di Tanah Melayu (Bag.2)
Brunei Darussalam: Negeri Imam Syafi’i di Tanah Melayu (Bag.2)
https://2.bp.blogspot.com/-XDmSdkRyBBg/XKqoAIAcFLI/AAAAAAAAAdA/Ix_AnqIB0YQyE1PvYmDwK-v8kOtuYUWlACLcBGAs/s640/IMG_20190131_201103.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-XDmSdkRyBBg/XKqoAIAcFLI/AAAAAAAAAdA/Ix_AnqIB0YQyE1PvYmDwK-v8kOtuYUWlACLcBGAs/s72-c/IMG_20190131_201103.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2019/04/brunei-darussalam-negeri-imam-syafii-di.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2019/04/brunei-darussalam-negeri-imam-syafii-di.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy