header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

Meneladani Ajakan Kebaikan Khas Romo Kiai Hamid Pasuruan

Oleh: M. Fachry* Mengutip penuturan Gus Mus bahwa salah satu dari beberapa kiai yang masyhur kewaliannya adalah KH. Abdul Hamid Pasurua...


Oleh: M. Fachry*

Mengutip penuturan Gus Mus bahwa salah satu dari beberapa kiai yang masyhur kewaliannya adalah KH. Abdul Hamid Pasuruan. Tak ada yang menyangsikan kealiman, kesederhanaan dan ketelatenan beliau dalam mengajak santri-masyarakat untuk melakukan kebaikan.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa di masa "sugeng"-nya dulu, Romo Kiai Hamid Pasuruan memiliki kebiasaan agung yang begitu unik. Apakah kebiasaan itu?

Ternyata, setiap pagi menjelang Subuh, biasanya antara jam 02.30 hingga 03.00, seusai jam-jam uzlah hariannya, beliau berkeliling ke pemukiman penduduk di sekitar pondok yang beliau asuh. Tapi beliau tidak sekadar berjalan keliling saja. Satu persatu pintu rumah tetangga yang beliau kenali sebagai rumah murid-muridnya beliau dekati. Beliau ketuk pelan sembari memanggil nama si empunya rumah.

Anwar... Anwar... Ayo tangi. Tahajjud War. Diluk engkas Subuh yo?” Demikian beliau memanggil nama salah satu tetangga pondok yang memang juga santri beliau. Langsung di depan pintu rumahnya. Kebiasaan itu berjalan hampir setiap hari tanpa libur!

Demikian juga terhadap “Anwar-Anwar” yang lain. Beliau dengan kehalusan suara dan gerakannya, berkeliling dari satu pintu ke pintu yang lain. Mendesahkan kalimat yang kurang lebih sama. Mengajak pemilik rumah untuk bangun dan melaksanakan sholat Tahajjud. Sambil, tentu saja, tak lupa menyunggingkan seutas senyum penuh kebapakan.

Saya (penulis) belum pernah tahu adakah dari pemilik rumah-rumah yang beliau ketuk itu ada yang sampai membukakan pintunya. Setahu saya, biasanya dari arah dalam rumah hanya terdengar sahutan, “nggeh Yai. Ngapunten Yai...” Lalu Romo Kiai Hamid berpindah ke rumah santrinya yang lain.

Karena berjalan bertahun-tahun dan sudah menjadi hal yang rutin, maka masyarakat di sekitar Jalan Jawa, Pasuruan itu, dimana Pesantren Romo Kiai Hamid berada, menganggap bahwa aktifitas di pagi buta itu seperti bagian dari kegiatan harian biasa.

Rata-rata bahkan memilih untuk tidur di ruang tamu, karena posisi ruang tamu di rumah orang Pasuruan adalah langsung berbatasan dengan pintu utama. Mereka menggelar alas dan bantal di dekat pintu. Maksudnya mudah ditebak; agar kalau Romo Kiai Hamid membangunkan mereka bisa langsung mendengar dan menjawab salamnya.

Dari kisah singkat ini bisa diambil sebuah pelajaran, bahwa kebiasaan untuk berbuat baik haruslah dilakukan berulangkali tanpa mengenal kata libur agar menjadi sebuah resonansi. Dan harus bertekad sejak dini mengikatkan diri untuk komitmen taqarrub ilalLah yang seharusnya menancap dalam hati. Lahul Fatihah..
_______________
*salah satu khadam ndalem yang kini berkiprah di tengah masyarakat

COMMENTS

Name

Arsip,17,artikel,165,Buku,4,Fiksi,4,kitab,11,lombakisah,11,manuskrip,8,peristiwa,115,prestasi,11,rehat,29,resensi,13,testimoni,35,tokoh,80,
ltr
item
Halaqoh: Meneladani Ajakan Kebaikan Khas Romo Kiai Hamid Pasuruan
Meneladani Ajakan Kebaikan Khas Romo Kiai Hamid Pasuruan
https://2.bp.blogspot.com/-HQtCXoA9VwM/XIBV6EeIKwI/AAAAAAAAQP4/DHxMKfF7E-s55Veut-_zjWIhA4XgO2vygCLcBGAs/s640/images.jpeg-27.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-HQtCXoA9VwM/XIBV6EeIKwI/AAAAAAAAQP4/DHxMKfF7E-s55Veut-_zjWIhA4XgO2vygCLcBGAs/s72-c/images.jpeg-27.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2019/03/meneladani-ajakan-kebaikan-khas-romo.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2019/03/meneladani-ajakan-kebaikan-khas-romo.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy