header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

Jurnalisme Santri; Menebar Pewarta dari Pojok Pesantren

Oleh: Syaifullah* Dikatakan jurnalisme santri lantaran ada kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh mereka yang tengah belajar...


Oleh: Syaifullah*

Dikatakan jurnalisme santri lantaran ada kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh mereka yang tengah belajar di pesantren atau para alumni yang tengah berada di tempat lain. Mereka dengan penuh semangat melakukan kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Dan seiring dengan perkembangan zaman, alih teknologi serta keinginan untuk eksistensi diri, jurnalisme seperti ini akan menjadi paradigma dan tren baru pada masa mendatang.

Dalam praktiknya, jurnalisme santri didasari gagasan bahwa mereka –maaf- tidak perlu mengikuti pelatihan maupun pendidikan jurnalisme profesional, namun dapat memanfaatkan peralatan teknologi modern dan internet global untuk berkreasi. Semuanya sudah sangat memadai demi melengkapi kebutuhan akan terungkapnya sejumlah fakta yang diberitakan.

Jurnalisme santri atau tidak ubahnya turut disebut dengan citizen journalism merujuk pada pengertian dimana masyarakat biasa berkontribusi untuk menghasilkan produk jurnalistik (terutama informasi) yang dibutuhkan kalangan lain. Tak perlu seseorang harus lulus dari jurusan jurnalistik, atau komunikasi massa, untuk bisa menjadi pewarta. 

Nah, jurnalisme warga yang di dalamnya juga para santri itu bukan hanya mahasiswa atau lulusan dari sekolah jurnalistik tetapi, siapa saja tidak dilihat dari usia, latar belakang, pekerjaan atau profesi. Yang memicu jurnalisme santri menjadi tren karena kebutuhan untuk mengetahui informasi semakin tinggi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Dengan keterlibatan santri dalam memberitakan sesuatu, maka citizen journalism memberi pengertian bahwa, setiap pengalaman yang ditemui sehari-hari di lingkungannya, atau melakukan interpretasi terhadap suatu peristiwa tertentu. Semua santri bebas melakukan hal itu, dengan perspektif masing-masing.

Intinya, jurnalisme santri/warga/publik atau jurnalisme partisipatif adalah partisipasi aktif mereka dalam mengoleksi, melaporkan, menganalisis dan menyebarluaskan berita dan informasi. Jurnalisme santri adalah bentuk khusus dari media santri yang informasinya berasal dari santri itu sendiri.

Penguasaan Dasar
Meskipun jurnalistik warga atau santri, dasar pengetahuan dan keterampilan (knowledge and skill) menjadi sebuah hal yang terhindarkan. Dari dasar keterampilan menulis ini nanti berkembang dengan kemampuan menulis karya jurnalistik lainnya, seperi feature, artikel, opini, foto jurnalistik, lalu jurnalistik penyiaran (broadcast journalism alias jurnalistik radio dan televisi).

Jurnalis warga, dengan demikian, mesti mengusai ilmu jurnalistik dasar ini (penulisan berita), meliputi, antara lain:
  1. Pengertian berita
  2. Nilai berita (news values)
  3. Unsur-Unsur Berita (5W+1H)
  4. Struktur naskah berita
Selain itu, ada sejumlah prinsip dasar jurnalistik yang harus diperhatikan santri. Setidaknya ada lima prinsip dasar yang mendesak dan tidak dapat ditawar;
  1. Akurasi, ketepatan.
  2. Kecermatan, ketelitian.
  3. Transparansi, keterbukaan dalam peliputan berita.
  4. Kejujuran
  5. Independensi, tidak berpihak dan tidak terikat oleh kelompok mana pun.
Karenanya, berita yang dibuat mestilah akurat dari segi penulisan (redaksi) dan konten (isi, substansi, fakta, data). Karenanya, jurnalis santri memerlukan verifikasi atau cek-ricek data.

Sekali lagi ingin ditegaskan bahwa jurnalisme santri sebagai kekuatan baru di era ini. Dengan ketersediaan sejumlah alat pendukung, maka para santri di belahan dunia manapun dapat mewartakan kejadian di sekitarnya tanpa harus bergantung dengan media arus utama.

Pada satu sisi, ini dapat dikatakan sebagai peluang, dan tentu saja juga tantangan. Jangan sampai kebebasan akses ternyata dipandang sebagai sarana tanpa batas dan tidak bertanggungjawab. Lahirnya sejumlah aturan yang akan menjerat siapa saja yang dengan tanpa melakukan pertimbangan matang tergiur menyebar kabar bohong dan sejenisnya.

Justru dengan kebebasan ini adalah sebagai ujian. Apakah mampu dioptimalkan untuk hal positif dan berguna, atau sebaliknya. Kesadaran bersama bahwa baik dan buruknya kondisi masyarakat sekitar akan bergantung dengan apa yang kita tulis, kita posting dan sebar.

Jurnalisme santri pada saatnya juga akan melahirkan para pewarta dari segala penjuru mata angin yang memiliki kemampuan dan keterampilan, serta juga kepedulian terhadap integritas pribadi dan tentu saja tidak mengkhianati nurani.

*Pekerja media cetak dan dalam jaringan (daring).

COMMENTS

Name

Arsip,16,artikel,165,Buku,4,Fiksi,4,kitab,11,lombakisah,11,manuskrip,8,peristiwa,115,prestasi,11,rehat,29,resensi,13,testimoni,34,tokoh,78,
ltr
item
Halaqoh: Jurnalisme Santri; Menebar Pewarta dari Pojok Pesantren
Jurnalisme Santri; Menebar Pewarta dari Pojok Pesantren
https://3.bp.blogspot.com/-wBWs2ii1BZM/XFYuLBYE-xI/AAAAAAAATHk/2GMCZi5LD5U9XMMRj3UiWiBMB9CS0CDjgCLcBGAs/s640/santri%2Bmedia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wBWs2ii1BZM/XFYuLBYE-xI/AAAAAAAATHk/2GMCZi5LD5U9XMMRj3UiWiBMB9CS0CDjgCLcBGAs/s72-c/santri%2Bmedia.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2019/02/jurnalisme-santri-menebar-pewarta-dari.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2019/02/jurnalisme-santri-menebar-pewarta-dari.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy