header-wrapper { background:#ffffff URL(/images/banner.png); height:240px; width:600px; margin:0 auto 0px; border:0px solid $bordercolor; }

Al-Ghazali, Pesan Taswif dan Kenangan Orang tua

Oleh: M. Ikhwanuddin* Tadi malam, 31 Januari 2019 bertepatan dengan haul Bapak kami Abdillah meninggalkan kami. Waktu berputar cepat, b...


Oleh: M. Ikhwanuddin*

Tadi malam, 31 Januari 2019 bertepatan dengan haul Bapak kami Abdillah meninggalkan kami. Waktu berputar cepat, beliau yang wafat 24 Jumadil Awal 1439 H setahun silam telah menjadi sebuah kenangan. Kenangan itu, pesan salah satu guru di Pesantren, bisa diiringi dengan doa, bershilaturrahmi pada sahabat beliau, atau mengenang aktivitas kebaikannya.

Mengenang seseorang yang telah tiada, ungkap Hamka merujuk pada penyair Mesir Ahmad Syauki, mampu menjadi “usia kedua” bagi orang yang telah meninggal dunia. Potongan syair Ahmad Syauki tersebut adalah : فَارْفَعْ لِنَفْسِكَ بَعْدَ مَوْتِكَ ذِكْرَهَا # فَالذِّكْرُ لِلْاِنْسَانِ عُمْرٌ ثَانِي “Tinggikanlah (derajat) penyebutan/kenangan tentang dirimu setelah kematianmu, karena kenangan adalah “usia kedua” bagi seseorang”.

Oleh karena itu, selain doa, ada shilaturrahmi dan aktivitas yang belum pernah kami jalani setelah kepergian Bapak, yakni mengaji di Mushollah *Gus Mun’im* di PP Bahauddin al-Ismailiyyah. Sebuah pengajian yang dulu pernah rutin Bapak jalani, bahkan sempat turut mengaji secara daring (online) melalui bantuan Mas Dodik, hingga di hari-hari sebelum ajal menjemput.

Pengajian Gus Mun’im bin KH Sholeh Qasim dijalankan secara istiqomah enam hari dalam seminggu. Ada 3 Kitab, yakni Ihya’ Ulumuddin, Shahih Muslim, dan Tafsir Jalalayn. Ihya, yang dikaji selama 3 hari, menjadi salah satu kitab favorit yang bapak gemari.

Maka pada saat istri saya membuka folder foto lama di Laptop Axioo yang terbeli Tahun 2008, muncul foto-foto bapak di berbagai kesempatan, saya teringat belum pernah ikut mengaji di Gus Mun’im di Mushollah tersebut, semenjak kematian bapak.

Beberapa sebelumnya, tepatnya Sabtu 26 Januari 2019, saya baru ikut mengaji kembali. Kebetulan saat itu, Kitab Ihya Jilid 4 hal.12, sedang membahas tentang prilaku Taswif. Taswif diartikan sebagai penundaan atau penangguhan.

Karena sedang membahas taubat, Taswif berarti sikap seorang yang yang menunda-nunda taubat. Di bagian penjelasan, penundaan ini juga berimbas pada penundaan perbuatan-perbuatan baik lainnya, dan ini yang dihindari oleh Salik, orang yang hendak mendekat pada Allah. Penundaan itu, pesan al-Ghazali, bernilai kurang baik, tidak produktif, serta pada akhirnya akan membuat hati kotor dan menutupi hati. Setelah itu, Taswif pun akan menjadi penyakit yang hanya bisa terobati (tersadarkan) dengan sakit atau kematian.

Saya tersihir, lalu “tersindir”, pada apa yang disampaikan al-Ghazali. Terlebih lagi, secara vulgar, Gus Mun’im mengucapkan bahwa hati memang harus dipaksa untuk mengingat Allah, salah satunya dengan mengaji seperti ini, tidak hanya datang sekali, apalagi jauh-jauh dari Gedangan, dan sering melihat jam.

Saya tersindir dua kali, karena dari 14 orang yang datang saat itu, setahu saya, hanya saya yang berasal dari Gedangan. Masa 2 jam mengaji hingg menjelang pukul 08.00 pagi, membuat saya memang beberapa kali melihat jam. Saya menduga, Gus Mun’im masih mengenali saya sebagai salah satu putra almarhum Abdillah.

Di saat itu pula, saya baru tersadar, bahwa saya pernah menyimpan pertanyaan semenjak di Pesantren Al-Khoziny, pertengahan 2002. Saat itu, saya bertanya-tanya tentang kitab berjudul lain yang dijilid bersama Kitab Ihya’ Ulumuddin. Karena selain Ihya, ada catatan kaki dan kitab di bagian tepi Ihya’, yang tentu saja bukan bagian dari Ihya namun berhubungan dengan Ihya.

Bagian awal Ihya, saya baru tahu ada ulasan Muqaddimah yang ditulis oleh Dr Badawi Tabanah, ditulis atas permintaan percetakan Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyyah. Ulasan itu diberi judul Muqaddimah fi al-Tasawwuf al-Islamy wa Dirosat Tahliliyyah li Syakhshiyyat al-Ghazali wa Falsafatuhu fi al-Ihya.

Pada sisi catatan kaki, ada Kitab Al-Mughni an Haml al-Asfar fi al-Asfar fi Takhrij Ma fi al-Ihya min al-Akhbar karya Hafid al-Islam Zainuddin al-Iraqi. Sebuah Kitab yang memberikan ulasan-ulasan ringkas mengenai takhrij dalam hadis-hadis yang dirujuk Al-Ghazali. Keduanya baru saya ketahui. Bahkan saya juga baru tahu, di bagian tepi Kitab Ihya’, malah ada 3 Kitab Hamisy yang saling bersambung, yakni Ta’rif al-Ahya’ bi Fadail al-Ihya’ karya Abdul Qadir al-Idrus Baalawy, al-Imla’ an Isykalat al-Ihya’ karya Imam al-Ghazali, serta Awarif al-Ma’arif karya Imam al-Suhrawardi.

Untuk keterangan seperti ini saja, saya tersindir kembali oleh pesan Taswif (penundaan) oleh al-Ghazali. Saya juga menunda hingga setahun baru bershilaturrahmi ke Musholla tempat Gus Mun’im mengaji, juga menunda untuk tahu tentang nama Kitab yang dijilid bersama Kitab Ihya’.

Saya – juga beberapa dari kami-- merasa menunda hingga masa batas akhir (deadline) punya energi menggugah. Kata Saiful Amin, Calon Hakim PA, The Power of Kepepet seringkali menembus batas-batas kemustahilan. Tapi untuk kebaikan, saya pikir pesan al-Ghazali tentang larangan Taswif patut direnungkan. Terima kasih Bapak Abdillah, Gus Mun’im, dan Imam Al-Gazali. Lahumul Fatihah.
_________________

*Mohammad Ikhwanuddin, Kandidat Doktor UINSA serta Awarde Beasiswa Mora Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017.

COMMENTS

Name

Arsip,14,artikel,154,Buku,2,Fiksi,4,kitab,10,lombakisah,11,manuskrip,8,peristiwa,112,prestasi,11,rehat,27,resensi,10,testimoni,29,tokoh,65,
ltr
item
Halaqoh: Al-Ghazali, Pesan Taswif dan Kenangan Orang tua
Al-Ghazali, Pesan Taswif dan Kenangan Orang tua
https://1.bp.blogspot.com/-t1XDxLsbhZ4/XFULhxfsShI/AAAAAAAAQKA/AulVoSheOvQ7GiA0LPYEiz6jm2jVGNHNwCLcBGAs/s640/images.jpeg-11.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t1XDxLsbhZ4/XFULhxfsShI/AAAAAAAAQKA/AulVoSheOvQ7GiA0LPYEiz6jm2jVGNHNwCLcBGAs/s72-c/images.jpeg-11.jpg
Halaqoh
https://www.halaqoh.net/2019/02/al-ghazali-pesan-taswif-dan-kenangan.html
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/
https://www.halaqoh.net/2019/02/al-ghazali-pesan-taswif-dan-kenangan.html
true
2194765370271214888
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy