Gus Dur Puasa Suro


Seperti yang kita ketahui bersama, Gus Dur adalah satu-satunya Presiden RI yang memiliki selera humor tinggi. Dalam situasi apapun beliau dengan cerdas mengemas peristiwa maupun tingkah laku siapa dan apa saja dengan tertawa renyah, namun sarat akan makna. Bahkan foto beliau bila di googling rata-rata tertawa riang gembira, seakan-akan hidup adalah kejenakaan yang tak perlu repot, cukup gitu aja koq repot. Hehehehe.

Pada suatu kesempatan, Gus Dur bersama A.S Hikam mantan Menristek yang merupakan teman dekat Gus Dur meghadiri pengajian di Jawa Barat. Acara bertepatan di hari Asyura'  (Suro, Jawa) atau 10 Muharram, yang di isi mauidhoh oleh Kiai dari Demak. Dalam mauidhohnya Kiai menyampaikan beberapa keutamaan puasa di Bulan Suro yakni barangsiapa berpuasa satu hari seperti berpuasa satu tahun.

Seusai acara, Gus Dur dengan keseriusan berbicara pada A.S Hikam temannya,

"Kam, besok puasa lho kam"

"Ah, yang bener Gus"

"Iya Kam, lumayan.. Dawuh Kiai tadi puasa sehari seperti puasa setahun"

A.S Hikam kurang percaya, karena keadaan Gus Dur yang kurang baik di tengah banyaknya kegiatan. Keesokan harinya, mereka berdua harus pergi ke Tuban menghadiri acara haul. Ditengah perjalanan sekitar waktu Dhuhur, Gus Dur meminta A.S hikam berhenti

"Kam, berhenti cari tempat makan"

"Loh, kan puasa Gus.. ini masih tengah hari"

"Iya Kam, saya ambil setengah tahun saja, lumayan"
Jawab Gus Dur datar.

__________________________________
Diambil dari: Imam Mahmudi
Dari kisah: KH. M. Najib Muhammad

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gus Dur Puasa Suro"

Post a Comment

close