Tahlil Kebangsaan Untuk Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari Di Cangkir9


Surabaya- Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Salah rahmat Alloh SWT yang terbesar di bulan Ramadlan untuk bangsa ini adalah kemerdekaan. Dalam sejarah tercatat, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 H.

Namun disamping rahmat dan nikmat yang luar biasa tersebut, Ramadhan ternyata juga menyimpan kedukaan yang mendalam bagi negeri ini. Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari wafat pada tanggal 7 Ramadhan 1366 H (25 Juli 1947). 

Sang kyai yang merupakan salah satu founding-fathers negeri ini sekaligus pendiri NU ini menghembuskan nafas terakhir setelah mendengar kabar bahwa Malang telah jatuh dikuasai Belanda saat Agresi Militer ke 2 tahun 1946.

Sebagai bentuk penghormatan sekaligus doa untuk Hadratussyaikh, Cangkir9 mengadakan tahlil kebangsaan. Tahlil tersebut akan dilantunkan sebagai salah satu rangkaian acara Cangkir9 episode 2. Acara yang bertajuk "Romadonesia: Meneguhkan Kembali Khittah Keindonesiaan" akan digelar besok Jumat (9/6) pukul 20.00 di parkir utara PWNU Jatim di panggung Bazar Ramadhan.

Seperti yang kita ketahui, forum cangkir9 ini merupakan wadah bagi mereka yang memiliki rasa kepedulian kebangsaan dibalut nilai-nilai tasamuh, tawazun, ta'adul. "Siapapun diperbolehkan hadir tanpa ada ketentuan khusus. Yang penting, mereka tertib, memiliki benih cinta tanah air dan terselip nafas persatuan negeri ini" ungkap Miftahul Haq selaku pengurus PW LTN Jatim sekaligus Ketua PC Matan Sidoarjo ini.

"Para Pendiri Negeri ini bercita-cita untuk masa mendatang, Indonesia sebagai kiblat peradaban Islam rahmatan lil alamin. Terbukti Tokoh-Tokoh dari NU masuk kategori  Tokoh Dunia yang sangat berpengaruh, semisal Habib Lutfi bin Yahya dari Pekalongan, KH. Said Aqil Siraj Ketua PBNU. Dari sini kita sebagai generasi muda harus merapatkan barisan untuk bersatu menjaga keutuhan negeri ini, menebarkan konsep rahmatan lil alamin, salah satunya dengan bentuk mentradisikan kumpul guyub, diskusi gayeng menyatukan visi misi." Pungkas alumni Alfalah Ploso ini.

Forum cangkir9 akan digelar jam 20.00 atau ba'da tarawih tepat di parkir Utara PWNU Jatim. Silahkan menghadiri forum yang insyaallah dipenuhi udara hubbul wathon minal iman. Siapkan paru-paru serta pori-pori untuk mengikrarkan diri sebagai pecinta tanah air. (@mi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahlil Kebangsaan Untuk Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari Di Cangkir9"

Post a Comment

close