Hari Ini, IPNU Jatim Deklarasikan Pelajar Anti Hoax

Madiun– Gempuran informasi yang kian tak terbendung, akhir-akhir ini menimbulkan kebingungan masyarakat. Kenyataan ini diperparah dengan penetrasi smartphone dan media sosial, sehingga berita palsu alias hoax kian tak bisa dihindari. Informasi menyesatkan banyak beredar melalui aneka jalur digital, termasuk situs online yang tidak jelas identitasnya.  Sehingga kalau tidak hati-hati, netizen bisa termakan tipuan hoax, atau bahkan ikut menyebarkan informasi palsu yang boleh jadi sangat merugikan banyak pihak dan menimbulkan fitnah.

Karenanya, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Jawa Timur menginisiasi deklarasi pelajar anti hoax. Acara ini, rencananya diselenggarakan hari ini bertempat di Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Madiun. Kegiatan yang dihadiri seluruh utusan Pimpinan Cabang IPNU se-Jawa Timur ini, menjadi semakin penting karena juga dihadiri utusan sekolah.

Haikal Atiq Zanzani selaku Ketua PW IPNU Jatim menegaskan, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen sekaligus keprihatinan kepada pelajar dan remaja yang akhir-akhir ini banyak menjadi korban berita palsu. Menurutnya, hal tersebut sangat merugikan dunia pendidikan karena kebanyakan berita palsu berisi hal-hal yang tidak mendidik.
“Kita punya kesadaran literasi yang sangat kurang, sehingga deklarasi semoga bisa meningkatkan kecerdasan dalam menverifikasi apapun yang dibaca di media sosial atau situs online,” katanya, Sabtu (14/1)

Acara juga akan dihadiri Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim, Kominfo Jatim, LTN NU Jatim dan beberapa media regional di Jawa Timur. (EK/ful)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Ini, IPNU Jatim Deklarasikan Pelajar Anti Hoax"

Post a Comment

close