Pokémon Go dan Kabar Palsu

Oleh: Armén-Ringgo Sukiro
Saya tidak mengingkari bahaya game Pokémon Go dari sudut pandang Islam.[1][2] Di sini saya hanya ingin sedikit meluruskan kabar palsu (hoax) yang akhir-akhir ini beredar yang mengaitkannya dengan bahasa Suryani (Syriac/Syriac Aramaic) dari sudut pandang linguistik.[3]
1. Abjad bahasa Suryani tidak mengenal fonem /c/ dan bunyi [tʃ]—bunyi huruf "C" dalam bahasa Indonesia.[4] Dalam rumpun bahasa Semitik (Semitic languages) pun, huruf yang bunyi pelafalannya paling mendekati bunyi ini barangkali huruf "jāmal" (gāmal) dalam abjad Suryani ܓ yang kurang-lebih bisa dipadankan dengan huruf "jim" dalam abjad Arab ج —bunyi huruf "J" dalam bahasa Indonesia.[5][6] 
Lalu dari mana datangnya huruf "C" atau digraf "CH" dalam kata "pikachu" yang katanya berasal dari bahasa Suryani itu?
2. Kata "Yahudi" dalam bahasa Suryani (Inggris: "Jew") adalah "yhudāyā" ܚܗܘܕܚܐ, yang terdiri dari huruf yōḏ ܚ, he ܗ, waw ܘ, dalat ܕ, yōḏ ܚ, dan ālap̄ ܐ. Mirip dengan kata يهود dalam bahasa Arab yang bermakna sama, yang terdiri dari huruf ya ي, ha ه, waw و, dan dal د. 
Lalu dari mana datangnya unsur arti "Yahudi" dalam kata "pokémon" yang katanya bermakna "aku Yahudi" dan "pikachu" yang katanya bermakna "jadilah Yahudi" itu?
3. Bahasa Suryani adalah bahasa yang memegang peranan penting dalam penyebaran agama Nasrani (selain bahasa Latin dan bahasa Yunani).[7] Dalam konteks Suryani sebagai dialek, bahasa ini dianggap sebagai bagian dari bahasa Aram (Aramaic); para bahasawan menyatakan bahwa bahasa Aram ini adalah bahasa percakapan sehari-hari yang digunakan oleh Isa 'alaihissalam (Nasrani: "Yesus").[8] 
Lalu dari mana datangnya kaitan Yahudi dengan kata "pokémon" dan "pikachu" yang katanya berasal dari bahasa Suryani itu?
---
Mari budayakan verifikasi (tabayyun) kebenaran suatu berita sebelum memercayai apalagi menyebarkannya. Bukankah Allah telah berfirman:
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن جَآءَكُمۡ فَاسِقُۢ بِنَبَإٍ۬ فَتَبَيَّنُوٓاْ أَن تُصِيبُواْ قَوۡمَۢا بِجَهَـٰلَةٍ۬ فَتُصۡبِحُواْ عَلَىٰ مَا فَعَلۡتُمۡ نَـٰدِمِينَ
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka tabayyun-lah, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."
(QS. al-Hujurāt: 6)
Imam asy-Syaukani rahimahullah berkata: “Yang dimaksud dengan tabayyun adalah memeriksa dengan teliti dan yang dimaksud dengan tatsabbut adalah berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, melihat dengan keilmuan yang dalam terhadap sebuah peristiwa dan kabar yang datang, sampai menjadi jelas dan terang baginya.” (Fathul Qadir, 5: 65)
---
Referensi



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pokémon Go dan Kabar Palsu"

close