Singgah di Pesantren Ta’mirul Islam, Saksikan al-Quran Terbesar

Meski tidak diketahui asal muasal al-Quran terbesar ini, namun pihak pesantren merawat dengan baik. Bahkan siapa saja dapat melihat dari dekat bentuk dan tulisan yang ada. 
Apakah pernah melihat kitab suci al-Quran berukuran raksasa? Jikalau belum pernah melihatnya, silakan mampir ke Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Di pesantren yang terletak di tepi Jalan KH Samanhudi Kelurahan Tegalsari, Laweyan Solo ini masih tersimpang dengan baik kitab suci umat muslim tersebut.
KH M Ali Naharrusyurur selaku pengasuh pesantren langsung menunjukkan koleksi dua kitab besar. Al-quran terbesar yang diperlihatkan adalah yang besar berukuran panjang 2 meter, lebar 1,2 meter serta ketebalannya mencapai 9 sentimeter.
Ternyata tak mudah memindahkan kitab ini dari tempat semula. Butuh empat orang dewasa untuk menggeser kitab yang ditaruh di atas meja kayu besar dari ruang kerja KH M Ali Naharrusyurur ke ruang terbuka. Bahkan untuk membukanya dari selubung kain yang menutupi al-Quran. Abah Ali sapaan KH M Ali Naharrusyurur yang turun tangan sendiri, termasuk membuka helai demi helai kertas berwarna kuning dan coklat gading itu.
Adapun kitab yang ukuran lebih kecil memiliki panjang 1 meter, lebar 65 sentimeter dan memiliki ketebalan 14 sentimeter.
Cukup bantuan dua orang santri untuk memindahkan kitab ke ruang terbuka agar bisa diabadikan.
Abah Ali secara detail tidak bisa mengungkapkan, siapakah penulis al-Quran dan tahun pembuatannya. Ia hanya memastikan al-Quran kuno itu diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. (Mdk/saiful)


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Singgah di Pesantren Ta’mirul Islam, Saksikan al-Quran Terbesar"

close