Kiat Mengelola Website Agar Populer dan Menguntungkan

Surabaya – Masyarakat dapat dengan mudah memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan. Dari mulai sekedar menyalurkan bakat, untuk keperluan mendapatkan keuntungan, maupun berdakwah. Bagaimana memanfaatkan website untuk berdakwah dan dikunjungi khalayak, nanti sore bisa ditemukan jawabannya.

“Karenanya kami mengajak berbagai kalangan pegiat website islami khususnya dari NU untuk ikut bergabung di acara ini,” kata Ahmad Najib AR, Ketua PW Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Jatim, Jumat (24 Juni 2016) pagi.

Gus Najib, sapaan akrabnya menyadari bahwa ada sejumlah pengelola website yang masih kesulitan memenuhi rubrikasi dan konten yang ada. “Masalahnya bisa beragam,” terang alumnus pascasarjana UIN Sunan Ampel ini. Bisa lantaran tidak memiliki kontributor, penulis, dan juga jaringan. Padahal kalau mau sedikit kreatif, ada banyak potensi konten yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi rubrikasi yang ada, lanjutnya.

Dan yang juga tidak kalah penting adalah faktor biaya pengelolaan website. “Tidak sedikit yang akhirnya harus jarang update website lantaran terkendala biaya operasioal,” ungkapnya. Jangankan untuk menyejahterakan pengelola, membayar domain saja kadang terlambat, lanjutnya.

Karena itu, semangat dakwah para pengelola harus juga diimbangi dengan kemampuan mengoptimalkan untuk mencari income bagi kesinambungan website. “Bagaimana caranya? Bisa ditemukan formulanya saat acara nanti sore,” tandas Gus Najib sedikit promosi.

Narasumber yang dihadirkan pada acara yang akan dilangsungkan di ruang Salsabila PWNU Jatim tersebut adalah Kiai Ma’ruf Khozin dan Dodik Ariyanto.  

Kiai Ma’ruf Khozin dikenal sebagai tokoh muda yang mampu berdakwah di media sosial dan memanfaatkan aplikasi untuk menjembatani kelas menengah kota yang ingin mendalami agama. “Sehingga umat semakin terpandu untuk memperoleh kajian keislaman yang dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

“Mas Dodik diharapkan bisa berbicara banyak terkait optimalisasi website untuk mendapatkan income bagi kesejahteraan pengelola,” ungkap salah seorang pengajar di Pondok Pesantren Bayt al-Hikmah Pasuruan ini.

Kegiatan juga diisi dengan launching website www.halaqoh.net yang dikelola PW LTN NU Jatim dan dipungkasi buka bersama. (saiful)  


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kiat Mengelola Website Agar Populer dan Menguntungkan"

close