Kampung Sinau: Dari Ngaji Kitab hingga Bicara Bahasa Inggris

Sidoarjo -- Bermacam kegiatan bernuansa keagamaan diadakan selama Ramadhan ini. Salah satunya, mengadakan pengajian sambil belajar bahasa Inggris yang berinterkasi langsung dengan orang asing. Seperti itu pula yang ada di Kampung Sinau di Desa Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan yang diikuti puluhan siswa mulai dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa itu, membekali pesertanya dengan pembelajaran al-Quran yang dilakukan setiap sore menjelang saat berbuka puasa. Bersamaan dengan itu, mereka juga diajak berinteraksi menggunakan bahasa Inggris yang dipandu langsung guru asing yang didatangkan dari Denmark.

“Sambil berinteraksi menggunakan bahasa asing, para siswa juga diajarkan membaca kita suci al-Quran dengan secara bersama-sama yang dipandu seorang ustaz,” ujar Ustad Zamroni, pengelola Kampung Sinau, Senin (20/6/2016).

Ditambahkan Ustad Zamroni, selain mengaji kitab suci al-Quran, para siswa juga mendapatkan berbagai ilmu seperti mengaji kitab kuning dan tadarus. “Kegiatan ini bertujuan agar siswa memiliki kegiatan yang positif untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Tak hanya ilmu agama yang didapat. Para siswa juga mendapatkan ilmu lingkungan di mana para generasi penerus bangsa diharapkan peduli terhadap alam sekitar. “Generasi penerus bangsa saat ini dinilai pandai. Namun masih kering karena belum ada perhatian khusus terhadap ilmu agama dan alam,” katanya. (BM/saiful)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampung Sinau: Dari Ngaji Kitab hingga Bicara Bahasa Inggris"

Post a Comment

close