Kejar Ketertinggalan, LTN NU Jatim Luncurkan Indonesia Menulis

Surabaya -- Semakin kompetitifnya masyarakat dunia dalam persaingan global, mendorong seluruh pihak untuk meningkatkan sumber daya manusia, terutama daya saing dalam bidang karya tulis ilmiah. Hingga kini Indonesia masih tertinggal dari negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Catatan merah ini menginisiasi Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTNNU) Jawa Timur meluncurkan 'Program Indonesia Menulis'. 

“Kita masih kalah jauh dengan negara tetangga. Maka, solusinya adalah melakukan percepatan-percepatan. Dalam rangka percepatan itu, PW LTNNU Jatim meluncurkan program Indonesia menulis,” tukas Wakil Ketua LTNNU Jatim, Dr MN Harisudin di kantor TV 9, Jumat (18/3).

Menurut dosen Pasca Sarjana IAIN Jember ini, program ‘Indonesia Menulis’ dimaksudkan untuk memacu kualitas karya guru, dosen dan mahasiswa di Indonesia untuk mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah, menulis buku, pelatihan PTK maupun pelatihan lainnya di bidang tulis-menulis. “Intinya, kami ingin membantu masyarakat dengan memotivasi mereka dengan menulis dan menulis. Kami kampanyekan bahwa menulis itu mudah, mudah dan mudah. Ini juga membantu para guru untuk mendapat poin publikasi ilmiah sebagaimana amanat undang-undang,” kata Harisudin.

“Alhamdulillah, sudah banyak yang merespon. Lumajang, Cirebon, Kota Baru, Semarang, Demak, Jember dan banyak kota di seluruh Indonesia yang indent ingin menyelenggarakan kegiatan tersebut. Insyaallahdalam waktu dekat, diadakan di Lumajang pada tanggal 2 April 2016,” kata Pengasuh Ponpes Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember tersebut.

Harisudin mengajak masyarakat secara luas menulis banyak buku. Menurutnya, dinamika intelektual yang terjadi di Indonesia pada masa mendatang akan menjadi magnet peradaban dunia.

Sementara itu, Ketua LTNNU Jawa Timur, Ahmad Najib AR mengatakan, pihaknya telah melaksanakan program unggulan seperti Madrasah Jurnalistik, dan membentuk Asosiasi Penerbit NU.

“Sekarang ada program Indonesia menulis. Ini semua gagasan progresif kami di Lembaga Ta’lif wan-Nayr NU Jawa Timur untuk memperkuat tradisi menulis di negeri ini,” kata Najib yang juga Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Sumber: NUOnline
Editor: s@if


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejar Ketertinggalan, LTN NU Jatim Luncurkan Indonesia Menulis"

Post a Comment

close